CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Cari Informasi Apapun Yang Kamu Inginkan

Saturday, July 19, 2008

Hemat Listrik: Hentikan Krisis Energi

Minggu lalu, disaat perjalanan pulang dari kantor terlihat di sepanjang jalan Bratang dekat LP3I suasana yang gelap gulita, termasuk traffic light yang sama sekali tak menyala. Rupanya daerah ngagel tempat saya tinggal mendapat giliran pemadaman listrik sore itu. Sekitar 2,5 jam daerah ngagel harus rela bergelap-gelap ria dan sedikit mengalah demi krisis energi yang ternyata sedang melanda negara ini. Ternyata Surabaya juga kena dampaknya.

Loh?baru denger nih ada krisis energi. Seingat saya jarang-jarang ada kabar kalau negeri kita sedang krisis energi. Tapi kenyatannya memang iya. Terlepas dari permasalahan teknis, pemadaman listrik secara bergantian ini diduga karena PLN telah melakukan kesalahan manajemen dan juga lemahnya koordinasi antar instansi pemerintah.

Sehari setelah itu, ada pengumuman dari General Affair team di kantor saya yang intinya sedang menggalakkan para karyawan untuk berhemat listrik sebagai bentuk keprihatinan atas krisis energi yang sedang hangat dibicarakan. Lampu-lampu di ruangan yang tidak terpakai harus dimatikan, begitu juga komputer, printer, dispenser dan semua yang tersambung ke listrik saat ini dimonitor dengan cukup ketat.

Dari berita yang tersiar di televisi, pihak industri harus bersiap-siap dan menjaga kemungkinan karyawannya terpaksa masuk kerja di hari Sabtu atau Minggu untuk mengatur penggunaan listrik ini. Tapi wacana ini rupanya masih menjadi pro dan kontra, karena beberapa pengusaha berdalih bahwa mereka harus mengeluarkan koceknya dengan esktra karena biasanya hari Sabtu atau Minggu identik dengan uang lembur, dimana biaya yang akan dikeluarkan untuk karyawan akan menjadi lebih tinggi. Hal ini bisa berdampak kelesuan pada sektor industri.

So, mending kita sedikit prihatin dengan keadaan ini. Walaupun mampu bayar listrik berlebih-lebih, demi membantu agar krisis ini segera berakhir, berhemat listrik yukk :)

3 comments:

Artha Nugraha Jonar said...

wah, sepertinya sama Fem. di tempatku juga ada instruksi. bahkan secara internal, pihak kampus juga mengadakan pemadaman bergilir setiap hari senin. repotnya, beberapa infrastuktur, kayak Puskom dimana server semua terpusat disana tidak kebal terhada instruksi itu, alhasil kalo udah kena giliran, mati semua dah.
di Unitku juga seringkali dapat giliran pada hari senin, padahal sekarang saatnya pendaftaran Mahasiswa baru, duhhh nasib emang. negara yang salah urus, rakyat yang murus karena kebanyakan nglembur

Anonymous said...

Halo fem...pa kabar hehehe :D

Anonymous said...

Nice blog fem...